Desa Beleq Sembalun Lawang Lombok Timur

desa beleqDari desa itu awal masyarakat Sembalun periode II hadir setelah periode I luluh lantak dari amukan dari Gunung Samalas ( Gunung Rinjani) pada tahun 1257 sehingga memaksa sekelompok warga mengungsi ke daerah hilir yakni Sambalia, Labuan Lombok sampai Selaparang serta sejumlah wilayah Pulau Lombok.

Sedikit mendaki ke atas Bukit Selong jika melihat ke kiri terlihat tujuh rumah adat Desa Beleq, sedangkan ke kanan hamparan lahan pertanian yang berlatarbelakangkan Bukit Pergasingan.

Suatu perpaduan yang indah membuktikan keagrarisan masyarakat Indonesia sekaligus membuktikan bagaimana kehandalan nenek moyang Sembalun mencari lokasi untuk menghidupkan keturunannya itu sampai sekarang.

Tujuh rumah itu merupakan tempat tinggal tujuh kepala keluarga untuk memulai kehidupan barunya di tanah leluhurnya yang telah ditinggalkan selama ratusan tahun itu.

Rumah adat itu terbuat dari jerami atau daun ilalang dengan berdindingkan anyaman bambu, serta lantainya dari tanah yang tingginya di atas permukaan setelah dilapisi kotoran sapi.

Jajaran bangunan pertama sebanyak empat rumah sedangkan di baris kedua tiga rumah. Tepat di ujung tengah-tengah barisan rumah itu, kiri kanannya berdiri dua lumbung untuk menyimpan persediaan makanan.

Untuk masuk dan ke luar rumah, harus menunduk setelah menaiki tujuh tangga, serta bangunan adat itu juga seluruhnya menghadap ke arah utara.

Bentuk bangunan adat yang berada di Sembalun Lawang itu, memiliki makna, bentuk bangunan yang ke arah utara adalah agar cahaya matahari pada pagi dan sore hari bisa masuk ke dalam rumah dari lubang angin di kedua sisi atap itu. Tentunya dengan adanya cahaya matahari yang masuk akan menghindarkan adanya binatang yang masuk ke dalam rumah.

Untuk mencapai Desa Beleq Sembalun Lawang cukup mudah bisa menggunakan kendaraan Roda 2 maupun 4 dari jalan utama desa Sembalun Lawang anda perlu berbelok masuk ke jalan yang melewati perumahan penduduk melewati kebun Bambu dan akan sampai di kawasan wisata Desa Beleq.

Please Share