Gunung Anak Dara Sembalun Lombok

anak daraGunung Anak Dara terletak di sebelah timur Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Memiliki ketinggian kurang lebih 1920 mdpl.
 
Jika dilihat sekilas, Bukit Anak Dara terlihat sangat dekat dan tidak terlalu tinggi. Namun, karena jalur perjalanannya memutar, membuat siapa saja bisa kehabisan tenaga.
 
Dari awal start medan pendakian sudah mulai menanjak hingga ke puncak. Sehingga tak jarang para pendaki pemula dibuat kewalahan.
   
Gunung Anak Dara memiliki dua posko. Bisa dikatakan, dari ke dua posko tersebut tak ada medan datar yang akan dilewati.

Dari parkiran motor menuju posko pertama jaraknya sekitar 2 KM. Anda akan menjumpai jalur hutan yang kondisi jalannya berlika-liku dan lumayan terjal. Setelah sampai di posko pertama, Anda bisa beristirahat sejenak untuk memulihkan tenaga.
 
Setelah posko ini, kondisi pendakian menuju posko kedua akan semakin terjal. Semua jerih payah itu akan lunas terbayarkan begitu sampai di puncak Gunung Anak Dara.
 
Dari sini, pemandangannya begitu memanjakan mata. Dari atas ketinggian, dapat terlihat wilayah Sembalun, Sumbawa, bahkan pulau Bima, dan gili-gili kecil yang berada di tengah laut.
 
Waktu terbaik untuk mendaki Gunung Anak Dara bagi pendaki pemula antara bulan April sampai dengan Oktober saat musim panas. Pada bulan November sampai dengan Maret tidak di sarankan untuk pendaki pemula karena medan yang cukup berat dan cuaca yang bisa berubah setiap saat seperti adanya hujan deras, badai dan petir yang bisa membahayakan keselamatan pendaki.
 
Harga tiket masuk per orang sebesar Rp20.000. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan membayar Rp10.000. Jalan menuju lokasi Gunung Anak Dara ini dari desa Sembalun Lawang Anda bisa langsung membawa motor sampai ke bawah kaki bukit dan memarkirnya di sana.
 
Please Share