Mendaki Gunung Rinjani Dari Desa Timbanuh

hikingMendaki gunung Rinjani bisa di lakukan dari beberapa jalur pendakian resmi seperti Sembalun, Senaru dan juga dari rute pendakian Rinjani terbaru yaitu desa Timbanuh kecamatan Pringgasela di kabupaten Lombok Timur.

Desa Timbanuh adalah rute terdekat untuk mendaki ke gunung Rinjani jika anda datang dari Airport Praya Lombok Tengah Terminal Bus Sweta maupun pelabuhan Ferry Lembar Lombok Barat.

Mendaki gunung Rinjani melalui rute ini akan melewati hutan lebat seperti jalur Senaru, menyeberangi sungai yang jernih dan juga akan melewati padang savana penuh dengan bunga edelweiss menjelang sampai di pelawangan Timbanuh.

Pendakian melalui rute ini dapat mendaki ke puncak ke dua Gunung Rinjani 3.150 meter di atas permukaan laut atau biasa di sebut puncak selatan dan juga ke danau Segara Anak maupun ke gunung Baru Jari. Waktu tempuh dari Timbanuh ke pelawangan kurang lebih 7 jam perjalanan normal.

Dusun Jati desa Timbanuh tempat start point pendakian dan juga tempat Pos registrasi memasuki Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok berada pada ketinggian 900 mdpl, bisa di capai dari Kota Mataram ataupun Airport Praya kurang lebih 2,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan carter atau pribadi.

Rute Timba Nuh merupakan rute terbaru yang saat ini sudah tersedia fasilitas umum untuk pendaki gunung seperti Pos penjagaan di dusun Jati desa Timbanuh dan sebuah penginapan milik Pemerintah Daerah, post (selter) di beberapa tempat sampai di pelawangan Timbanuh sudah tersedia. Untuk menginap di desa Timbanuh bisa menghubungi penduduk di sekitar Pos penjagaan di Dusun Jati desa Timba Nuh atau menginap di Wisma Pemda yang terletak tidak jauh dari pintu masuk ke Taman Nasional Gunung Rinjani.

Mendaki gunung Rinjani dari Timbanuh untuk pemula sebaiknya hanya sampai pelawangan dan ke puncak Selatan Gunung Rinjani, sedangkan untuk turun ke danau masih terlalu beresiko, karena jalur turun ke danau agak curam dan rusak akibat gempa 2018.

 

Please Share