Mendaki Gunung Rinjani Start Desa Aik Berik, Lombok Tengah

Aik-Berik-TrekkingMendaki Gunung Rinjani start di mulai dari desa Aik Berik Lombok Tengah adalah untuk anda yang ingin mendaki Gunung Rinjani melalui jalur baru yang tidak terlalu ramai di kunjungi oleh pendaki lain seperti jalur Sembalun dan Senaru.

3Hari-2Malam Mendaki start Point Aik Berik:

H1: Airport – Aik Berik – Benang Stokel & Benang Kelambu

Penjemputan dari Bandara atau area lain di pulau Lombok kemudian berkendara menuju ke Desa AikBrik.

Sambutan yang ramah dan menawan dari para kru, check-in Andrak Homestay, istirahat kemudian bersiap untuk trekking di hutan dekat Air Terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu.

Ini adalah perjalanan ringan setengah hari melalui desa-desa, sawah, sungai kecil, hutan hujan dan berakhir untuk berenang dan mandi di air terjun Benang Stokel dan Benanng Kelambu yang menawan. Setelah bersenang-senang di air terjun kita akan melakukan perjalanan kembali melalui hutan hujan tropis yang lebat kaya dengan spesies flora dan fauna, istirahat bermalam di homestay.

H2: Aik Berik – Plawangan Aik Berik

Bangun di pagi hari menikmati sarapan dan bersiap untuk pendakian panjang.

Trek melalui hutan lebat, pendakian ke bibir kawah memakan waktu sekitar 6 jam.

Trek ini menawarkan banyak variasi, dengan air terjun Tiara Dewi Anjani yang terkenal sebagai salah satu daya tariknya, dan jika beruntung, orang dapat bertemu dengan kawanan rusa.

Jalur ini sangat disukai oleh mereka yang mencari sudut pandang yang sama sekali berbeda ke Rinjani.

Selama berabad-abad jalur ini telah digunakan oleh para pemburu dan nelayan yang mencari mangsanya di hutan lebat dan tiba di kawah sebelum matahari terbenam.

Nikmati matahari terbenam yang menakjubkan dengan latar belakang Danau Segara Anak dan berkemah malam pertama.

H3: Plawangan – Mata Hari Terbit – Aik Berik

Bangun pagi untuk mengenang momen matahari terbit, dimana matahari bergerak dibalik puncak Rinjani.

Nikmati sarapan pagi kemudian perjalanan kembali ke AikBrik melalui rute yang berbeda seperti ketika kita mendaki tetapi dengan suasana yang sama dengan hutan hujan tropis yang lebat di mana kita dapat mengamati banyak spesies flora dan fauna, kembali ke desa, rehat, minum kopi dan selanjutnya di antar ke tujuan berikutnya: Kuta / Mataram / Senggigi atau Pulau Gili.

Tambahan Informasi

  1. Untuk program 4 hari 3 malam perjalanan bisa di lanjtkan turun ke Danau Segara Anak dan menginap di sisi danau di tenda dan hari ke empat naik ke Plawangan dan turun ke Aik Berik
  2. Untuk program 3 hari 2 malam dari Plawangan Aik Berik bisa melanjutkan perjalanan mendaki ke Gunung Kondo Tetebatu dan lanjut turun ke desa Tetebatu.
  1. Faisal Rinjani
  2. Rinjani Eco Adventures
Tolong Share